Sabtu, 22 September 2018         UPT BMR LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» LIPI PRESS kontak kami »

Arsip terbitan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat katalog terbitan lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Judul : Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal
Penanggung-jawab : Kurniawati Hastuti Dewi (P2 Politik)
Penulis : Kurniawati Hastuti Dewi, Atika Nur Kusumaningtyas, Fathimah Fildzah Izzati, Esty Ekawati ,
Editor : Kurniawati Hastuti Dewi
Abstrak : Sunga rampai ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar perempuan kepala daerah yang terpilih dalam pilkada langsung merupakan istri atau anak dari politikus laki-laki yang lebih dulu menjabat atau memiliki pengaruh kuat di daerahnya (yang kemudian disebut dengan family ties/kekerabatan). Dikhawatirkan, kinerja perempuan kepala daerah yang muncul dengan faktor kekerabatan yang kuat tersebut, tidak mampu mendorong kualitas demokratisasi lokal, termasuk memperjuangkan kepentingan praktis gender.

Dengan menggunakan pendekatan perspektif gender dan politik, bunga rampai ini menganalisis kemunculan dua perempuan kepala daerah dengan kekerabatan yang kuat, yaitu Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kata Tangerang Selatan dan Anna Sophanah sebagai Supati lndramayu. Analisis yang dilakukan berupa persamaan dan perbedaan dalam hal konfigurasi politik lokal, historis, sosiologis, kondisi struktur sosial-ekonomi masyarakat, dan kondisi civil society organization. Tidak hanya itu, posisi dan kinerja perempuan kepala daerah dalam mendorong demokratisasi lokal dan kepentingan praktis gender juga dibahas di dalam bunga rampai ini.

Sunga rampai ini juga memberikan sejumlah saran perbaikan bagi upaya peningkatan kepemimpinan politik perempuan di tingkat lokal yang tidak melulu bertumpu pada faktor kekerabatan, tetapi juga mendorong agar pilkada langsung tidak semata ajang politik elektoral, dan mendorong agar pilkada langsung tidak cenderung menguntungkan perempuan kelas menengah. Suku ini mendorong agar pilkada langsung menjadi sarana untuk mewujudkan narasi substantif perempuan dan bukan sekadar narasi simbolis perempuan.

Jenis terbitan : buku ilmiah
Penerbit : B Media dan Reproduksi
copyeditor - Nikita
layouter - Nurhasanah Ridwan dan Rahma Hilma Taslima
cover designer - Rusli Fazi
tanggal verifikasi - -
tanggal review - - ∼ -
tanggal pra-cetak - -
nomor (berkala) -
registrasi - ISBN 978-979-799-907-0 ()
halaman - xviii + 243 hal.
dimensi - A5 (14,8 x 21 cm)
tanggal terbit - 01/11/17
naskah lengkap - tidak dibuka untuk publik
naskah cuplikan - belum ada

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1520564472
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter

343 kali diakses »
12 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2018 LIPI