Rabu, 14 November 2018         UPT BMR LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» LIPI PRESS kontak kami »

Arsip terbitan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat katalog terbitan lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Judul : Analisis Faktor-Faktor Lingkungan Strategis Penerbit Ilmiah LIPI Press
Penanggung-jawab : Rahmi Lestari Helmi (B Media dan Reproduksi)
Penulis : Tim LIPI Press
Editor :
Abstrak : Pemetaan faktor-faktor strategis organisasi LIPI Press dilakukan meliputi faktor in-ternal (kekuatan dan Kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Pemetaan dilakukan untuk mendapatkan rujukan , informasi dan data yang tepat dalam pengambilan keputusan strategis dalam rangka meningkatkan daya saing penerbit ilmiah, terutama dalam rangka mewujudkan acuan nasional penerbitan ilmiah. Metoda yang digunakan adalah pendekatan TOWS matriks dan dikombi-nasikan dengan empat perspektif peta strategis dari Kaplan dan Norton.

Kekuatan utama LIPI Press adalah terletak pada sumberdaya penerbitan, baik input, output maupuan proses. Selain memiliki kompetensi SDM sebagai garda depan pekerja pengetahuan kunci (key knowledge worker) penerbitan, baik editor substansi (dewan editor, penelaah) dan teknis (copy editor, editor visual), kekuatan UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) adalah saat ini telah memiliki jejaring untuk distribusi buku nasional dan regional dan anggota asosiasi penerbit nasional (IKAPI). Sebagai anggota asosiasi penerbit nasional, posisi UPT Balai Media dan Re-produksi (LIPI Press) sangat strategis karena menjadi acuan penerbitan buku-buku hasil penelitian. Tidak banyak penerbit nasional yang mengkhususkan diri pada segmen buku ilmiah, karena lebih mengutamakan aspek pasar dan berorientasi keuntungan. UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) mengemban amanah untuk selalu memelihara dan meningkatkan kualitas terbitan LIPI. Kekuatan lain-nya adalah saat ini sudah memiliki mekanisme kerjasama distribusi melalui ske-ma Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) sesuai PP 32 Tahun 2016, khususnya yang terkait dengan pengelolaan jasa kerjasama distribusi dan diseminasi buku. Hal ini akan mendukung adanya terobosan kerjasama dengan pihak luar melalui proses penjualan buku LIPI Press sehingga buku-buku terbitan LIPI Press dapat sampai pada pengguna yang tepat dan diperoleh data umpan balik pelanggan dari proses pendistribusian melalui pasar buku.

Kelemahan utama yang harus diantisipasi adalah dari aspek organisasi dan pegnelolaan SDM kunci penerbitan. Struktur organisasi UPT Balai Media dan Re-produksi (LIPI Press) dan ketiadaan jenjang karir untuk SDM kunci penerbitan, ter-utama untuk jabatan editor.

Jenis terbitan : buku laporan
Penerbit : B Media dan Reproduksi
copyeditor - Rahmi Lestari Helmi
layouter - Rusli Fazi
cover designer - Rusli Fazi
tanggal verifikasi - -
tanggal review - - ∼ -
tanggal pra-cetak - -
nomor (berkala) -
registrasi - ISBN ()
halaman - X + 27 hal.
dimensi - B5 (17,6 x 25 cm)
tanggal terbit - 01/04/18
naskah lengkap - 4.314.086 bita
naskah cuplikan - belum ada

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1525838649
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter

378 kali diakses »
20 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2018 LIPI