Kamis, 12 Desember 2019         UPT BMR LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» LIPI PRESS kontak kami »

Arsip terbitan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat katalog terbitan lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Judul : Pengelolaan Kebun Raya Daerah: Antara Kenyataan dan Harapan
Penanggung-jawab : Rachmini Saparita (PP Teknologi Tepat Guna)
Penulis : Rachmini Saparita, Eki Karsani Apriliyadi, Savitri Dyah W. I. K. R., Akmadi Abbas
Editor :
Abstrak : Pemerintah menyadari bahwa keberadaan kebun raya sangat penting sebagai pusat konservasi tumbuhan. Untuk itu, keberadaan kebun raya daerah, terutama Kebun Raya Jompie Parepare, Kebun Raya Batam, dan Kebun Raya Liwa, diharapkan dapat memicu munculnya kebun raya baru di setiap daerah di Indonesia. Keberadaan kebun raya sangat penting terkait fungsi utamanya, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Namun, sejauh ini pembangunan kebun raya daerah (KRD) belum memberi banyak manfaat bagi ekonomi masyarakat.

Buku ini selain memberikan rekomendasi bagi pengelola kebun raya di daerah, juga memberi gambaran adanya kesenjangan antara kenyataan yang menyimpan permasalahan dan harapan yang diinginkan. Semua permasalahan dan harapan tersebut menjadi dasar pengembangan model pengelolaan kebun raya yang dianggap sesuai dengan karakteristiknya. Dengan demikian, hasil rekomendasi kebijakan pengembangan sistem pengelolaan KRD yang tertuang dalam buku ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di wilayah sasaran dan meningkatkan kesadaran tentang fungsi konservasi sehingga membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Oleh karena itu, agar pengelolaan KRD berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, diperlukan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah karena pembangunan kebun raya daerah tersebut bisa memberikan dampak positif, terutama bagi perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Jenis terbitan : buku ilmiah
Penerbit : B Media dan Reproduksi
copyeditor - Nikita Daning P.
layouter - Erna R. dan Meita Safitri
cover designer - Dhevi E.I.R. Mahelingga
tanggal verifikasi - -
tanggal review - - ∼ -
tanggal pra-cetak - -
nomor (berkala) -
registrasi - ISBN 978-602-496-056-8 ( ()
halaman - xx + 200 hal.
dimensi - A5 (14,8 21 cm)
tanggal terbit - 01/09/19
naskah lengkap - 4.093.809 bita
naskah cuplikan - belum ada

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1573011618
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter

87 kali diakses »
1 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2019 LIPI